Hai Jobseeker, apa kabarmu hari ini?

Cara Melamar Kerja Via Email Lengkap Dengan Panduan Per Langkah – Senang sekali melihat antusias mu untuk mempelajari cara melamar kerja yang tepat melalui email. Pasti sebelumnya kamu sempat kebingungan bukan bagaimana caranya ataupun bahan apa saja yang harus dikirim Via Email?

Cara untuk melamar kerja via email, bukanlah hal yang susah, bahkan hal ini SANGAT MUDAH dan siapapun bisa melakukan nya. Perhatikan langkah berikut ini :

1. Siapkan Berkas Data Diri Milikmu

Apa saja berkas data diri yang perlu disiapkan? Jika perusahaan menyebutkan hanya beberapa berkas lamaran saja yang harus dibawa, maka ikutilah dan siapkan berkas yang diminta tersebut.

Namun apabila TIDAK ADA, maka berkas standar yang setidaknya kamu siapkan untuk dikirim adalah sebagai berikut. Siapkan secara berurutan:

  1. Surat Lamaran Kerja 
    Khusus lamar via email, surat lamaran ini diketik. Surat bisa memakai bahasa indonesia/inggris. Contoh surat lamaran kerja klik disini
  2. Pas foto terbaru
    Siapkan file pas foto milikmu. Foto harus jelas, tidak blur. Bisa berlatar belakang warna merah atau biru.
  3. Scan E-KTP
    Jika kamu belum punya file scan nya, tidak usah bingung. Download dan gunakan aplikasi ini untuk mempermudah dirimu dalam scan berkas penting, klik disini
  4. File CV
    Bisa dalam bentuk Microsoft Word ataupun PDF. Lebih disarankan format PDF, karena HRD akan lebih mudah melihat nya
  5. Scan Ijazah
    Jika ijazah mu belum keluar dari sekolah atau universitasmu, maka gunakanlah SKL.
  6. Scan Kartu KeluargaScan menggunakan aplikasi scanner tadi.
  7. Scan Transkip Nilai selama kuliah/sekolah.Jika transkrip nilai mu belum keluar, kamu bisa scan nilai raport mu di 2 semester terakhir. Semester genap dan semester ganjil
  8. Scan SKCK yang masih berlaku
    SKCK harus yang masih berlaku ya. Jika sudah habis, lewati dulu dan tidak usah gunakan SKCK tidakpapa. Karena tidak terlalu wajib, sambil luangkan waktu untuk memperpanjang SKCK mu (jika diperlukan)
  9. Scan Surat Keterangan Sehat dari Dokter yang masih berlaku
    Surat keterangan sehat ini bisa kamu dapatkan dengan pergi ke klinik, rumah sakit ataupun dokter umum setempat untuk meminta surat keterangan bahwa dirimu sehat. Jika sudah ada, scan dengan aplikasi tadi ya
  10. Scan Sertifikat Keahlian (jika ada/tidak wajib)
  11. Scan (jika ada/tidak wajib)
  12. Scan Kartu Kuning (jika ada/tidak wajib)
  13. Scan Paklaring (jika ada/tidak wajib)

2. Jadikan Semua Berkasmu Dalam 1 Folder

Agar semua berkas dan datamu aman, dan agar kamu gampang untuk mencarinya sewaktu-waktu kedepan. Maka jadikan lah semua berkasmu satu tempat di dalam satu folder. Contohnya sebagai berikut (Mahesa Danu hanyalah contoh nama pelamar):

3. Buka Emailmu

Untuk melamar kerja via email, DISARANKAN menggunakan laptop/komputer. Tujuan nya agar lebih mudah dalam melampirkan file-file yang sudah kamu siapkan. Jika kamu memang berniat dari HP, itu tidak masalah dan bisa saja. Namun disini mimin akan memberikan contoh mengirim lamaran kerja dari komputer/laptop. Langkah nya yaitu:

  1. Buka dan login ke email mu. Jika kamu menggunakan gmail, login disini.
  2. Setelah login, kamu akan masuk di dasbor (halaman utama) dari email mu. Oke sekarang langsung klik tombol “Tulis” di sebelah kiri atas layar. Maka akan langsung muncul jendela baru untuk menulis surat email.

3. Ada tiga bagian, yang paling atas adalah email tujuanmu, lalu subject/judul email di baris nomor 2, dan diikuti dengan isi/body email di bawahnya. Berikut mimin berikan contoh mengisinya :

Baris 1 = Isi dengan email perusahaan yang ingin kamu lamar

Baris 2 = Isi dengan judul emailmu. Kamu bisa menulisnya dengan “Lamaran Posisi (jabatan yang ingin kamu lamar)”. Misalnya : “Lamaran Posisi Marketing Staff”

Baris 3 = JANGAN PERNAH DIKOSONGKAN. Selalu isilah body email dengan kata-kata yang sopan dan dominan panjang. Jangan terlalu singkat. Karena ini berpengaruh terhadap minat HRD melirik dan penasaran terhadap email lamaran darimu. Kamu copy paste dan gunakan contoh berikut jika kamu mau: (ganti yang berwarna oren dengan data milikmu)

Yang terhormat Bapak/Ibu HRD PT. (nama perusahaan)

Bersama email ini, saya melampirkan CV lengkap beserta berkas lainnya sebagai persyaratan untuk mengisi posisi (nama jabatan) di Perusahaan Bapak/Ibu.

Dengan pengalaman serta skill yang saya miliki, besar harapan saya untuk bisa bekerja disini dan mengaplikasikan pengalaman saya, serta mempelajari hal-hal baru di Perusahaan Bapak/Ibu pimpin.

Hormat saya,

Nama

4. Klik tombol berikut ini :

5. Pilih semua file yang sudah kamu kelompokkan dalam 1 folder tadi. Lalu klik tombol “Open

6. Cek kembali semuanya, mulai dari kata-kata, hingga berkas yang sudah kamu lampirkan. Jangan sampai ada yang ketinggalan atau ujungnya malah kirim email 2x. JANGAN SAMPAI

7. Jika sudah dicek semua dan yakin sudah lengkap, maka langsung klik tombol Kirim.

8. Sekarang email lamaranmu SUDAH BERHASIL terkirim ke perusahaan yang kamu tuju.

4. Langkah Selanjutnya

Apa langkah selanjutnya min? Langkah selanjutnya adalah kamu tinggal MENUNGGU respon dari perusahaan tersebut. Jika kamu lolos, maka pihak HRD dari perusahaan tersebut akan mengontak kamu via nomor HP atau email yang sudah kamu tuliskan di dalam CV.

BIASANYA, respon diberikan dalam waktu 1-2 minggu setelah lamaranmu diterima oleh mereka. Maksimalnya adalah 1 bulan. Jika sudah lebih dari 1 bulan tepat tapi tidak ada tanggapan, maka KEMUNGKINAN BESAR dirimu belum lolos seleksi di perusahaan tersebut.

Solusinya adalah, saat kamu mengirimkan lamaran kerja mu hari ini di perusahaan A. Janganlah langsung berhenti atau hanya menunggu begitu saja. Kirim lamaran mu dengan kata-kata dan berkas YANG SAMA ke perusahaan lainnya yang menjadi tujuanmu.

Usahakan, dalam 1 hari kamu bisa kirim MINIMAL ke 10 email perusahaan. Jika kamu bingung perusahaan apa saja yang akan kamu lamar, atau kamu tidak tahu alamat email mereka, kamu bisa list di notepad atau kertas dulu mulai dari nama perusahaan, posisi hingga email nya.

Tabel diatas adalah contoh yang bisa kamu buat via Microsoft Excel. Berikan warna hijau apabila status nya Sudah, maka akan membuatmu lebih mudah dalam mengelola list lamaran.

Lakukan dengan model apapun senyaman dirimu. Dan PASTIKAN dirimu tak hanya diam, menunggu TANPA mencatat list lamaran yang kamu ajukan.